5 Bidang Usaha Yang Sedang Nge-trend | TopKarir.com

5 Bidang Usaha Yang Sedang Nge-trend

17-07-2017 11:56:07

Tergiur pendapatan besar? Kenapa tidak coba untuk wirausaha? Selagi masih muda, manfaatkan kemampuan dan kreativitas untuk memulai bisnis sendiri. Cari tahu apa saja jenis-jenis usaha yang sedang digemari di kalangan muda. Jika masih bingung, simak beberapa pilihan berikut ini:

 

1.  Kuliner

Menjamurnya kafe-kafe atau restoran dengan konsep unik diimbangi dengan kunjungan target pasar yang dituju menandakan bahwa bisnis kuliner sedang naik daun. Lihat saja setiap kafe dan restoran yang baru dibuka selalu mengundang rasa penasaran dan dipenuhi oleh tamu-tamu. Membuka bisnis kuliner memang notabene menguntungkan karena setiap manusia pasti butuh makan. Tinggal bagaimana kamu meramu dan meracik menu makanannya sehingga menghasilkan cita rasa yang pas di lidah.

Biasanya anak muda menyenangi konsep restoran yang unik dan harga menunya terjangkau. Gunakan kreativitasmu untuk menarik pasar muda. Misalnya, pemilihan nama tempat atau menu yang tidak biasa. Cara lain bisa juga membuat konsep restoran seperti taman bermain atau menggunakan mobil usaha (food truck). Selain tempat yang unik, jangan lupa juga untuk melakukan promo melalui media social, seperti path atau instagram.

 

2.  Agen Travel

Gemar jalan-jalan? Coba buat usaha agen travel sendiri. Kamu bisa merancang jadwal perjalanan seru dan unik ala kamu. Manfaatkan kontak dan jaringan yang kamu miliki saat sedang berjalan-jalan seperti penyedia transportasi, akomodasi sampai restoran. Mereka akan membantu kamu untuk menyediakan fasilitas kepada tamu-tamu tur yang kamu bawa.

Agar dapat sukses di bisnis agen perjalanan ini, kamu harus memiliki keunikan tersendiri. Coba buat paket yang bukan hanya mengutamakan tujuan menarik, tapi juga mode transportasi dan kegiatan selama di sana dalam kombinasi yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

 

3.  Event Organizer

Teman-teman sering memuji kepiawaian kamu dalam mengumpulkan satu angkatan saat reuni? Bahkan tempat-tempat yang kamu pilih dan acara-acara yang dibuat selalu mendapat pujian dari teman-teman? Setiap ada acara kumpul-kumpul, kamu selalu ditunjuk menjadi ketua penyelenggara? Nah, ternyata tanpa disadari bakat sebagai penyelenggara acara atau lebih dikenal sebagai EO melekat pada diri kamu. Modal ini bisa dijadikan untuk membuat jasa EO. Baik untuk acara reuni, ulang tahun, sampai meeting perusahaan. Untuk lebih memperkuat usaha kamu, ajak beberapa teman dan saudara yang punya minat dan bakat sama. Bila usaha kamu sudah terbentuk segera promosikan melalui media sosial atau yang lebih cepat dari mulut ke mulut.

 

4.   Berdagang Online

Membuka bisnis online adalah salah satu usaha yang sedang digemari kaum muda. Praktis, cepat dan mudah. Modal utamanya hanya perlu smarpthone sebagai media promosi ditambah akun media sosial. Bisnis online sangat marak dan digandrungi oleh kaum muda sebagai sarana untuk belanja. Pembelanjaan melalui online lebih ringkas, cepat dan santai. Tinggal buka internet sudah tersedia berbagai toko online yang menawarkan segala jenis perlengkapan mulai dari pakaian, alat elektronik, alat kecantikan, dan lain-lain. Bisnis online di Indonesia pun semakin marak di facebook, twitter, dan sudah merambah instagram. Jadi manfaatkan akun-akun media sosial untuk menjadi alat promosi yang tepat.

Bila memiliki modal cukup besar, kamu bisa membuat situs sendiri dan mendesainnya semenarik mungkin. Tentukan produk apa yang hendak ditawarkan. Umumnya kalangan muda lebih menyukai produk fashion seperti baju, tas dan sepatu. Memulai usaha bisnis online harus memerhatikan beberapa faktor yaitu kecepatan dan ketepatan pengiriman, kemudahan akses, keakuratan informasi dan kepercayaan pelanggan. Kalau pelanggan puas dengan pelayanan kamu maka jangan heran bila suatu saat akan kebanjiran pesanan dan toko online kamu semakin besar.

 

5.   Fotografi

Suka memotret dan kerap diminta tolong untuk mengabadikan acara keluarga dan pesta pernikahan rekan? Rasanya kamu cocok untuk membuka bisnis fotografi. Siapa sangka dari hobi bisa bergulir menjadi ladang uang. Jika kamu salah satu penikmat fotografi, maka jangan menyia-nyiakan kemampuan kamu. Bisnis studio fotografi akan menjanjikan prospek yang baik ke depan. Untuk memulai bisnis ini hanya dibutuhkan strategi promosi serta kualitas pelayanan yang memuaskan pelanggan.

 

Masih ragu mau membuka usaha sendiri SobatTopKarir? Temukan jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian kamu, lalu manfaatkan masa mudamu dengan produktif. Selamat berusaha!

 

Source: marketing.co.id

peluang karir yang sesuai

Beragam kesempatan kerja, pelatihan dan tips berkarir yang sesuai untuk kamu

perusahaan berkualitas

Perusahaan yang membuka lowongan telah terseleksi oleh TopKarir untuk kenyamanan dan keamanan kamu

info status aplikasi

TopKarir menyediakan informasi berkala tentang status lamaran / aplikasimu dan dapat diakses melalui akun profilmu

Belum menjadi Member?


tutup
Registrasi berhasil

tutup