10 Tips Interview | TopKarir.com

10 Tips Interview

01-04-2016 16:10:24

Interview adalah salah satu kunci penting saat ingin bekerja di perusahaan yang Anda ingini. Tak melulu interview itu mengerikan (jika Anda tahu caranya) dan tak melulu interview akan selalu mudah. Seperti dikutip dari quintcareer.com yuk, simak tips berikut, agar Anda lebih percaya diri saat intervew nanti:

 

1.  Berlatih komunikasi nonverbal yang baik

Saat interview Anda perlu untuk menunjukkan kepercayaan: berdiri tegak, membuat kontak mata dan jabat tangan dengan erat. Itulah kesan pertama nonverbal bisa menjadi awal yang bagus untuk wawancara Anda.

 

2.  Berpakaian untuk pekerjaan atau perusahaan

Sebelum interview, ada baiknya Anda mencari tahu tata cara berpakaian dari perusahaan yang Anda lamar. Sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dipakai untuk wawancara dan menjadi rapi. Apakah Anda memakai baju atau sesuatu yang kurang formal tergantung pada budaya perusahaan dan posisi yang Anda cari. Jika memungkinkan, panggilan untuk mengetahui tentang kode berpakaian perusahaan sebelum wawancara.

 

3.  Mendengarkan

Dari awal wawancara, pewawancara Anda memberikan Anda informasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika Anda tidak mendengar itu, Anda akan kehilangan kesempatan besar. Kemampuan komunikasi yang baik termasuk mendengarkan dan membiarkan orang tahu Anda mendengar apa yang dikatakan.

 

4.  Jangan terlalu banyak bicara

Menceritakan lebih dari yang pewawancara tanyakan bisa menjadi kesalahan fatal. Bila Anda tidak mempersiapkan jawaban terlebih dahulu, Anda mungkin mengoceh "keluar jalur" saat menjawab pertanyaan, atau kadang-kadang berbicara sendiri diluar konteks pekerjaan. Siapkan jawaban untuk wawancara dengan mencari informasi tentang perusahaan dan cocokan dengan keterampilan yang Anda miliki dengan posisi yang Anda ingini.

 

5.  Jangan terlalu akrab

Wawancara adalah pertemuan profesional untuk membicarakan bisnis. Ini bukan tentang membuat teman baru. Tingkat keakraban harus meniru sikap pewawancara. Hal ini penting untuk membawa energi dan antusiasme untuk wawancara dan untuk mengajukan pertanyaan, tetapi tidak melampaui tempat Anda sebagai calon mencari pekerjaan.

 

6.  Gunakan bahasa yang sesuai

Anda harus menggunakan bahasa profesional selama wawancara. Dapat mengetahui bahasa yang pantas dan tidak menggunakan bahasa gaul atau menggunakan topik bahasa yang menyinggung usia, ras, agama, politik atau orientasi seksual - topik ini bisa mengirimkan keluar pintu dengan sangat cepat.

 

7. Jangan sombong

Sikap memainkan peran kunci dalam keberhasilan wawancara Anda. Ada keseimbangan yang baik antara kepercayaan, profesionalisme dan kesopanan. Bahkan jika Anda meletakkan pada kinerja untuk menunjukkan kemampuan Anda, terlalu percaya diri akan berakibat buruk, terlalu pendiam juga tidak lebih baik.

 

8.  Berhati-hati untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan

Ketika pewawancara meminta contoh saat ketika Anda melakukan sesuatu, mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan wawancara perilaku, yang dirancang untuk memperoleh sampel perilaku masa lalu Anda. Jika Anda gagal menjawab itu sama artinya Anda kehilangan kesempatan untuk membuktikan kemampuan Anda.

 

9.  Mengajukan pertanyaan

Ketika ditanya apakah mereka memiliki pertanyaan, sebagian besar calon menjawab, "Tidak." Jawaban yang salah. Bagian dari mengetahui bagaimana untuk mewawancarai sedang siap untuk mengajukan pertanyaan yang menunjukkan minat pada apa yang terjadi di dalam perusahaan. Mengajukan pertanyaan juga memberikan Anda kesempatan untuk mengetahui apakah ini adalah tempat yang tepat untuk Anda. Pertanyaan-pertanyaan terbaik datang dari mendengarkan apa yang Anda minta selama wawancara dan meminta informasi tambahan.

 

10. Tidak putus asa

Ketika Anda wawancara, jangan menunjukkan sikap putus asa dan benar-benar ingin bekerja (walaupun Anda sungguh membutuhkan pekerjaan ini). Selalu tunjukkan 3C: Cool, Calm, dan Confident. Anda tahu Anda dapat melakukan pekerjaan; pastikan pewawancara yakin Anda dapat juga.

 

Dijamin setelah membaca tips di atas, Anda dapat melalui interview dengan mudah.  Atau Anda memiliki tips lainnya? Yuk, share ke kita.

 

Source: http://www.quintcareers.com/job-interview-tips/

 


peluang karir yang sesuai

Beragam kesempatan kerja, pelatihan dan tips berkarir yang sesuai untuk kamu

perusahaan berkualitas

Perusahaan yang membuka lowongan telah terseleksi oleh TopKarir untuk kenyamanan dan keamanan kamu

info status aplikasi

TopKarir menyediakan informasi berkala tentang status lamaran / aplikasimu dan dapat diakses melalui akun profilmu

Belum menjadi Member?


tutup
Registrasi berhasil

tutup